Home » » STUKTUR ORGANISASI BERDASARKAN PRODUK

STUKTUR ORGANISASI BERDASARKAN PRODUK


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kami sampaikan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menunaikan tugas yang diemban kepada kami sekaligus menambah pengetahuan kepada para pembaca terutama kepada kami sebagai penyusun.
Kami menyadari dengan sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan mungkin tidak dapat memenuhi kehendak semua pihak. Oleh sebab  itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat konstruktif  terutama sekali bagi mereka yang memahami dengan baik tentang materi ini.
Akhir kata kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir serta apabila terdapat kekeliruan dalam pembuatan makalah ini kami selaku manusia biasa mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga  Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.
Pekanbaru, 21 November 2011



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ...................................................................................  i
DAFTAR ISI ...................................................................................................  1
BAB I .................................................................................................................  2
PENDAHULUAN ................................................................................  2
A.      Latar Belakang Masalah ...............................................  2
B.      Rumusan Masalah ............................................................  2
C.      Tujuan ........................................................................................ 2
BAB II ................................................................................................................  3
PEMBAHASAN ...................................................................................  3
A.      Pengertian ..............................................................................  3
B.      Contoh Struktur ..................................................................  3
C.      Kelebihan dan Kekurangan Struktur Organisasi Produk .....  3
D.     Contoh Perusahaan yang Menerapkan Struktur
Organisasi Produk ........................................................  ..  4
BAB III ................................................................................................................  5
KESIMPULAN .......................................................................................  5
SARAN ......................................................................................................  5
DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Struktur organisasi berdasarkan pendekatan terhadap produk adalah jenis organisasi yang membagi tugasnya ke dalam dimensi produk. Artinya sebuah garis  kordinasi atau kelompok kordinasi  terbagi atas jenis produk yang dihasilkan oleh organisasi tersebut. Misalnya sebuah perusahaan menghasilkan produk A, B dan C. Pada masing-masing produk tersebut terdapat bagian atau divisi yang mendukung   kesuksesan produk di pasar. Masing-masing produk akan memiliki divisi pemasaran, SDM dan produksi sendiri-sendiri.           
Suatu perusahaan yang menggunakan struktur organisasi ini penanggung jawab dari produk akan sangat jelas. Sehingga  fokus kinerja terhadap  konsumen lebih  jelas dan memuaskan. Namun dilain sisi koordinasi antarproduk akan mendapat kesulitan.
B.       Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini kami sebagai penyusun merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana koordinasi dan rentang manajemen dalam struktur organisasi berdasarkan pendekatan produk ?
2.      Bagaimana bentuk pendelegasian wewenang  yang ada dalam perusahaan tersebut ?
C.       Tujuan
Agar kita semua dapat mengetahui dan memahami bagaimana bentuk koordinasi dan rentang manajemen serta bentuk pendelegasian wewenang dalam struktur organisasi berdasarkan pendekatan produk dalam sebuah perusahaan.



BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian
            Jenis organisasi ini membagi tugasnya ke dalam dimensi produk. artinya sebuah garis  kordinasi atau kelompok koordinasi terbagi atas jenis produk yang dihasilkan oleh organisasi tersebut. Misalnya sebuah perusahaan menghasilkan produk  A,, B dan C. Pada masing-masing produk tersebut terdapat bagian atau divisi yang mendukung   kesuksesan produk di pasar. Masing-masing produk akan memiliki divisi pemasaran, SDM dan  produksi sendiri–sendiri.        
B.      Contoh Struktur
C.     Kelebihan Dan Kekurangan Struktur Organisasi
1.      Kelebihan struktur organisasi produk
a.       Penanggung jawab dari produk akan sangat jelas, sehingga fokus kinerja terhadap  konsumen lebih  jelas dan memuaskan.
b.      Struktur ini baik di gunakan untuk perusahaan yang memiliki lini bisnis atau produk yang bervariasi. Variasi dari jumlah produk yang dihasilkan memerlukan koordinasi yang tinggi, sehingga struktur ini akan memfasilitasi perusahaan sehingga masalah koordinasi dalam sebuah produk yang dihasilkan akan mudah terselesaikan.
c.       Faktor lingkungan yang berubah dengan cepat juga akan sangat sesuai jika dihadapi dengan jenis sturktur organisasi ini.
2.      Kekurangan struktur organisasi produk
a.       Koordinasi antarproduk akan semakin kesulitan.
b.      Keahlian teknik akibat spesialisasi tidak akan tercapai dan standardisasi produk yang sulit juga merupakan kelemahan yang dimiliki oleh struktur  organisasi ini.
D.     Contoh Perusahaan Yang Menerapkan Struktur Organisasi Produk



BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Struktur organisasi berdasarkan pendekatan produk adalah jenis organisasi ini membagi tugasnya ke dalam dimensi produk.
Struktur organisasi ini memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Strukktur organisasi ini dilain sisi koordinasi antarproduk akan semakin kesulitan, keahlian teknik akibat spesialisasi tidak akan tercapai dan standardisasi produk yang sulit juga merupakan kelemahan yang dimiliki oleh struktur organisasi ini. Namun, penanggung jawab dari produk akan sangat jelas, sehingga  fokus kinerja terhadap  konsumen lebih  jelas dan memuaskan, struktur ini baik di gunakan untuk perusahaan yang memiliki lini bisnis atau produk yang  bervariasi,variasi dari jumlah produk yang dihasilkan memerlukan koordinasi yang tinggi, sehingga struktur ini akan memfasilitasi perusahaan sehingga masalah koordinasi dalam sebuah produk yang dihasilkan akan mudah terselesaikan serta faktor lingkungan yang berubah dengan cepat juga akan sangat sesuai jika dihadapi dengan
jenis sturktur organisasi ini.
B.       Saran









                   

DAFTAR PUSTAKA


Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :
Anda sedang membaca Artikel tentang STUKTUR ORGANISASI BERDASARKAN PRODUK, dan anda bisa menemukan artikel STUKTUR ORGANISASI BERDASARKAN PRODUK ini dengan url http://longkok.blogspot.com/2012/02/stuktur-organisasi-berdasarkan-produk.html. jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
 
Copyright © 2013. Game Terbaru dan informasi - All Rights Reserved
Template by SHARE4RT | Proudly powered by Blogger